Gaza (SI Online) – Komite nasional pawai kepulangan dan pencabutan blokade Gaza menegaskan keberlanjutan pawai secara damai, untuk menekan penjajah zionis agar komitmen pada kesepakatan mencabut blokade Gaza.

Menurut anggota komite, Thilal Abu Dzarifah, pawai kepulangan dan pencabutan blokade terus digelar untuk menekan Israel di fase pertama dan kedua dari kesepahaman meringankan blokade, di tengah kelambatan dalam penerapannya.

Dilansir Pusat Informasi Palestina, Jumat (11/1/2019) Abu Dzarifah mengatakan, kondisi saat ini belum berpihak kepada Gaza. “Sehingga kita akan terus melanjutkan perlawanan damai, dan yang penting saat ini menekan pihak Israel,” ujarnya.

Sejak 30 Maret lalu, rakyat Palestina di Gaza meluncurkan pawai secara damai, dekat pagar pemisah antara Gaza dan wilayah Palestina jajahan tahun 48. Aksi tersebut untuk menuntut kepulangan pengungsi ke kota dan desa tempat mereka terusir dahulu tahun 1948, dan pencabutan blokade Gaza.

Namun militer Israel merespon aksi pawai damai dengan represif dan kriminal, menembaki para peserta aksi dengan gas beracun dan air mata, serta peluru tajam. Akibatnya, 200 orang meninggal dan melukai lebih dari 22 ribu orang lainnya.

red: adhila



Sumber : https://suara-islam.com/aksi-menuntut-blokade-gaza-dicabut-terus-berlanjut/