(Last Updated On: December 23, 2018)

Membahas tentang kekuatan mencoba untuk sukses, kita bisa mengambil hikmah dari perjalanan kakek bernama Kol Sanders. Hikmah ada dimana-mana, tidak ada salah kita petik untuk kebaikan kita bersama.

Anda pernah makan KFC? Meskipun makanan ini berasal dari negeri Paman Sam, tetapi sudah terkenal di dunia. Begitu juga dengan di Indonesia, hampir di setiap kota besar selalu ada KFC. Anda tidak akan kesulitan jika ingin makan daging ayam yang bermerk KFC ini.

inspirations 26-5-12

Hanya Punya Resep Plus Kekuatan Mencoba Untuk Sukses

Saya bukan promosi, saya sendiri tidak suka makan disini. Artikel ini hanya memaparkan keberhasilan pendiri KFC bisa merambah dunia, bisa menghasilkan jutaan dolar pertahun. Jika kita menengok bagaimana perjuangan pendirinya, Kolonel Sanders, seorang pensiunan tanpa modal, tanpa perusahaan, yang dia punya hanyalah resep ayam goreng.

Saya katakan tampa modal, karena hanya memanfaatkan apa yang dia miliki saat itu. Tidak dengan modal besar dari bank atau mertua, tetapi dengan kendaraan tua dan sebuah ide resep ayam goreng.

Perjuangan kolonel Sanders tidaklah mudah, dengan bermodalkan sebuah mobil tua, dia berkeliling mencari toko yang mau menggunakan resepnya dengan imbalan sebagian keuntungan. Puluhan rumah makan dia ketuk, maka dia mendapatkan puluhan kata “tidak”. Ratusan rumah makan dia kunjungi lagi, namun ratusan jawaban “tidak” kembali terdengar.

Ditolak dan ditolak lagi.

Apakah ia berhenti? Saat dia yang berkata tidak. Dia tidak berhenti, dia terus mencari rumah makan yang mau menggunakan resepnya, sampai 1009 rumah makan dia datangi dengan selalu menjawab perkataan “tidak”. Berarti dia mendapatkan penolakan sampai 1009 kali. Setelah itulah dia mendapatkan jawaban “ya”.

Menunggu sampai 1009 kali ditolak dan akhirnya mendapatkan kata “YA”!

Sekarang, pertanyaanya ….

Bagaimana Dengan Kekuatan Mencoba Anda?

Mari kita renungkan diri kita, sudahkan kita melakukan usaha seperti yang dilakukan kolonel Sanders dalam membangun bisnis kita? Sudahkan kita berusaha menawarkan ide kita kepada puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang? Sudahkah kita mencoba dan mencoba lagi ketiga gagal?

Saya sering menemukan orang yang mengatakan bahwa bisnis itu susah, sementara apa yang dilakukan mereka belumlah optimal. Seringkali kita mengurungkan ide kita karena baru mendapatkan kritik dari segelintir orang. Sering kita tidak mau berbisnis hanya karena orang lain sudah melakukannya.

Jika apa yang Anda inginkan itu baik. Jika apa yang Anda cita-citakan mulai, sejauh manakah kekuatan mencoba Anda?

Ini bisa diaplikasikan untuk meraih karir yang lebih baik. Untuk mendapatkan bisnis yang hebat. Untuk mendapatkan dukungan dari keluarga. Untuk mendapatkan hati objek dakwah Anda. Jika hanya untuk urusan dunia saja, mereka 1000 kali mencoba, apalagi untuk urusan akhirat?

1000 Alasan Atau 1000 Percobaan?

Jika Sanders mau mencari alasan saat dia mencoba 1000 kali, bisa saja. Dia bisa saja mengatakan “Saya sudah mencoba 1000 kali dan gagal, saya sudah berusaha.” Tetapi kenyataannya tidak, dia tetap mencoba dan mencoba meskipun sudah ribuan kali gagal.

Yang lucu, pernah ada orang protes kepada teman saya (trainer bisnis) bahwa bisnis percetakan itu susah. Teman saya menanyakan berapa kali dia menawarkan produk, jawabannya hanya tiga kali. Lucu!

Tiga kali sudah menyerah. Baru rugi ratusan ribu sudah menyerah. Baru kena tipu sekali sudah nyerah. Baru tidak laku beberapa hari saja, sudah nyerah. Tahukah Anda, ada rumah makan yang harus menunggu 1 tahun sampai dagangannya laris?

Anda bisa dengan mudah mengeluarkan seribu alasan. Kenapa kemampuan itu tidak digunakan untuk 1000 kali mencoba.

Sudahkah Anda 1000 kali berdo’a?

Tidak ada dalil (setahu saya) yang mengatakan harus berdo’a sampai 1000 kali. Ini hikmah yang bisa kita dapatkan disini adalah bahwa jika kita berdo’a, kemudian do’a kita belum dikabulkan, apakah akan berhenti berdo’a? Jika kita sedekah, tetapi Allah belum memberikan balasan berlipat ganda, apakah Anda akan akan berhenti.

Sebuah kekuatan luar biasa, saat disiang hari Anda terus berusaha, mencoba dan mencoba. Sementara dimalam hari, pada sepertiga malam terakhir Anda bersujud memohon agar apa yang kita inginkan dikabul oleh Allah.

Luar biasa bukan? Terus mencoba berusaha dan terus mencoba meminta kepada Allah. Cobalah untuk merasakan kekuatan mencoba ini.

Kekuatan Mencoba

Anda Tidak Akan Punya Ini Tanpa Mencoba

Apa itu? Peluang berhasil.

Jika Anda mencoba, terlepas seberapa besar pun peluang, Anda punya peluang. Jika Anda tidak mencoba, maka Anda tidak akan pernah memiliki peluang berhasil alias peluangnya nol.

Ada orang, bahkan banyak, mencoba membangun bisnis dengan modal yang besar. Mereka gagal, kemudian mereka mencoba lagi dan lagi. Sebab mereka memahami, bahwa hanya dengan mencoba peluang itu ada. Tanpa mencoba, Anda dijamin gagal.

Anehnya, banyak orang begitu enggan mencoba meski dengan modal yang kecil. Meski hanya dibutuhkan kemauan bertindak. resiko finansial yang sangat kecil. Namun tetap saja enggan mencoba. Banyak saja alasan yang muncul.

Banyak orang yang mengeluh dengan keterbatasannya. Misalnya tidak punya modal, namun dia tidak mau mencoba menghubungi orang agar mendapatkan modal. Dia tidak mau melakukan percobaan tindakan yang bisa menghasilkan uang, misalnya mencoba menjual sesuatu. Atau mencoba mencari mitra kerja sama.

Jadi, apa yang perlu Anda lakukan untuk meraih sukses Anda? Cobalah. Ambil resiko.

Pengalaman Guru Terbaik

Setiap percobaan artinya nambah satu pengalaman. Sementara kita sudah memahami bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Dari setiap pengalaman ada hikmah atau pelajaran yang bisa kita petik. Semakin banyak pengalaman, akan semakin banyak hikmah yang bisa kita dapatkan.

Mencoba, selain memberikan pelajaran bagi kita, juga akan memperkuat mental, keberanian, dan kepercayaan diri kita. Sering kali orang takut ditolak karena persepsi yang berlebihan tentang penolakan. Jika Anda sudah sering mencoba, kemudian berkali-kali ditolak, ternyata penolakan itu tidak membuat kita buruk, justru semakin kuat.

Anda Akan Selalu Mendapatkan Hal Luar Biasa Ini

Percobaan Anda adalah ikhtiar. Percobaan menjalankan bisnis halal artinya Anda sedang ikhtiar mencari rezeki halal, untuk memberi nafkah kepada keluarga Anda. Terlepas, percobaan Anda gagal atau sukses, jika Anda ikhlas, maka Anda akan mendapatkan pahala dari Allah.

Jika Anda diam, apalagi diiringi sikap putus asa, berburuk sangka kepada Allah, pesimis, dan apalagi jika didorong kemalasan karena hawa nafsu, justru itu malah akan membawa dosa.

Penutup

Sebenarkan kekuatan mencoba sudah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau melakukan percobaan hijrah berkali-kali, melakukan percobaan perang berkali-kali, dan melakukan percobaan mengajak orang kepada Allah tak terhitung jumlahnya. Ada yang berhasil, ada yang gagal, namun pada ujungnya Islam mencapai kemenang gemilang.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia paling mulia, kekasih Allah, namun tetap mencoba dan mengalami kegagalan. Lalu siapa kita? Masih malas mencoba?

Cobalah, dan rasakan kedahsyatan kekuatan mencoba untuk sukses.

Rahmat Mr. Power

Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/

Latest posts by Rahmat Mr. Power (see all)





Sumber : https://www.motivasi-islami.com/kekuatan-mencoba/